HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG PERAWATAN RSUD SAWERIGADING PALOPO

Penulis

  • Andi Silfiana STIKES Bhakti Pertiwi Luwu Raya

Kata Kunci:

Sikap Perawat, Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien

Abstrak

Kepuasan pasien terhadap pelayanan merupakan faktor yang penting dalam mengembangkan suatu sistem penyediaan pelayanan yang tanggap terhadap kebutuhan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden dengan menggunakan metode purpossive sampling. Analisa data yang digunakan yaitu univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Chi Square. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan sikap perawat dengan kepuasan pasien dengan nilai p = 0,023 sedangkan hubungan fasilitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien juga menunjukkan hubungan yang sgnifikan dengan nilai p = 0,007. Disarankan kepada pihak Rumah Sakit agar tetap meningkatkan keterampilan dan sikap tenaga kesehatan khususnya tenaga keperawatan dan juga meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas

Diterbitkan

2023-01-29

Cara Mengutip

Silfiana, A. (2023). HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG PERAWATAN RSUD SAWERIGADING PALOPO. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 9(2), 29-33. Diambil dari https://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/196