FORMULASI SEDIAAN MASKER PEEL-OFF DARI BUBUK CANGKANG TELUR AYAM RAS (Gallus gallus) UNTUK MENGENCANGKAN KULIT WAJAH

Penulis

  • Riska Purnamasari Rasyd Stikes Bhakti Pertiwi Luwu Raya Palopo

Kata Kunci:

Kata Kunci : Cangkang Telur Ayam Ras (Gallus gallus), Masker Peel-off.

Abstrak

Cangkang telur ayam ras (Gallus gallus) merupakan bagian kulit dari telur yang berfungsi melindungi  bagian dalam telur agar terhindar dari gangguan luar, terkandung sekitar 10% kolagen yang berfungsi untuk  mengencangkan kulit. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan bubuk cangkang telur ayam ras  (Gallus gallus) kedalam bentuk sediaan masker peel-off. 

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental untuk membuat formula sediaan masker peel-off dari  bubuk cangkang telur ayam ras (Gallus gallus) dengan variasi konsentrasi diantaranya 10%, 15%, dan 30%.  Dengan parameter uji evaluasi sediaan masker yang meliputi uji organoleptik yang diamati bau, bentuk, dan warna  sediaan serta uji homogenitas dan uji pH. 

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa formulasi sediaan masker peel-off  memiliki bau, bentuk,  dan warna sediaan yang stabil. Ketiga formula sediaan tidak memiliki gumpalan sehingga sediaan dapat dikatakan  sediaan bersifat homogen. Namun nilai pH dari sediaan yang dibuat berkisar antara 6,9-7,1 sehingga formula tidak  memenuhi syarat karena sediaan basa yang dapat membuat kulit kering atau bersisik. Hal ini dapat disimpulkan  bahwa bubuk cangkang telur ayam ras (Gallus gallus) dapat diformulasikan sebagai masker peel-off. 

Diterbitkan

2022-08-10

Cara Mengutip

Purnamasari Rasyd, R. (2022). FORMULASI SEDIAAN MASKER PEEL-OFF DARI BUBUK CANGKANG TELUR AYAM RAS (Gallus gallus) UNTUK MENGENCANGKAN KULIT WAJAH . Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 9(1), 13-19. Diambil dari https://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/145