HUBUNGAN KOMPETENSI PERAWAT, ETIKA, DAN DISIPLIN KERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PONTAP KOTA PALOPO TAHUN 2020
Kata Kunci:
Kompetensi perawat, etika kerja, disiplin kerja, kepuasan pasienAbstrak
Pelayanan kesehatan saat ini dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pasien. Hal tersebut mengharuskan pelayanan kesehatan untuk bekerja keras agar kepuasan pasien dapat terwujud. Puskesmas Pontap menunjukkan kunjungan pasien mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi, etika, dan disiplin kerja perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Pontap Kota Palopo tahun 2020. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat survey analitik dengan pendekatan cross secsional. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 perawat. Tekhnik total sampling adalah pengambilan sampel secara keseluruhan yaitu berjumlah 35 perawat. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan sertifikat kompetensi yang dimiliki perawat dengan kepuasan pasien, yang dilihat dari nilai p value (0,491). Kepuasan pasien sangat dipengaruhi dari etika perawat dalam bekerja, hal ini dapat dilihat dari nilai p value (0,000), dan ada hubungan antara disiplin kerja perawat dengan kepuasan pasien dilihat dari nilai p value (0,046). Diharapkan bagi perawat, harus mampu mengimplementasikan ilmu yang selama ini dipelajari agar kepuasan pasien dapat tercapai.