FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WARA SELATAN KOTA PALOPO FA

Penulis

  • hasriany arifin Stikes Bhakti Pertiwi Luwu Raya

Kata Kunci:

Anemia Pada Ibu Hamil, Umur, Pekerjaan, Jarak Kehamilan

Abstrak

Anemia dapat menyebabkan produktifitas kerja menurun, bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir dengan premature, menyulitkan persalinan bahkan mengakibatkan kematian perinatal dan kematian ibu yang melakukan persalinan. Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Wara Selatan Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Analitik dengan pendekatan cross Sectional Study. Sampel penelitian ini adalah ibu hamil dengan pengambilan sampel secara total sampling dengan jumlah 30 sampel.

Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara umur dengan kejadian anemia pada ibu hamil dengan nilai p = 0,000, pekerjaan tidak terdapat hubungan yang signifiakan dengan nilai p= 1,000, sedangkan jarak kehamilan memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai p= 0,000. Disarankan kepada instansi terkait agar kiranya dapat meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan antenatal dengan program pendidikan dan penyuluhan kepada ibu hamil  serta meningkatkan pemeriksaan Hb yang rutin bagi ibu hamil.

 

 

Diterbitkan

2023-01-29

Cara Mengutip

arifin, hasriany. (2023). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WARA SELATAN KOTA PALOPO FA. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 9(2), 105-109. Diambil dari http://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/197