GAMBARAN PENGGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PENGGUNAAN IMUNOMODULATOR SEBAGAI TERAPI PENINGKATAN IMUNITAS DI KEL. TO’BULUNG KEC. BARA KOTA PALOPO

Penulis

  • Riska Purnamasari Rasyd Stikes Bhakti Pertiwi Luwu Raya Palopo

Kata Kunci:

Gambaran Pengetahuan, imunomodulator, dan peningkatan imunitas

Abstrak

ABSTRAK

 

Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Penggunaan Imunomodulator Sebagai Terapi Peningkatan Imunitas Di Kel. To’bulung Kec. Bara Kota Palopo. Dengan adanya peningkatan prevalensi infeksi virus saat ini, masyarakat dituntut untuk harus meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh yang lebih kuat lagi sehingga tidak mudah terinveksi oleh berbagai virus yang masuk ke dalam tubuh. Bahan yang dapat memodulasi sistem imun tubuh dikenal sebagai imunomodulator.Secara klinis imunomodulator digunakan pada pasien dengan gangguan imunitas.

Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan To’Bulung Kecamatan Bara Kota Palopo Tahun 2020. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat “korelasi analitik “ dengan pendekatan” cross secsional. Populasi dalam penelitian ini adalah  191 orang. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 orang.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah menunjukkan bahwa responden yang memiliki tingkat pengetahuan baik terbesar 54,5% yaitu responden yang berusia 20-29 tahun, responden perempuan memiliki tingkat pengetahuan lebih baik dibandingkan dengan responden laki-laki yaitu sebesar 18,6%, responden yang memiliki tingkat pengetahuan baik terbesar 32,7% yaitu responden yang berpendidikan SMU, dan responden yang memiliki tingkat pengetahuan baik terbesar 12,2% yaitu responden yang bekerja sebagai ibu rumah tangga.

Diharapkan bagi petugas kesehatan khususnya bagi tenaga farmasi untuk tetap memberikan edukasi atau pendidikan kesehatan tentang pengguaan imunomodulator sebagai terapi peningkatan imunitas kepada masyarakat.

Diterbitkan

2021-09-09

Cara Mengutip

Purnamasari Rasyd, R. (2021). GAMBARAN PENGGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PENGGUNAAN IMUNOMODULATOR SEBAGAI TERAPI PENINGKATAN IMUNITAS DI KEL. TO’BULUNG KEC. BARA KOTA PALOPO. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 8(1), 99-106. Diambil dari https://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/98