HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KEDISIPLINAN PERAWAT DENGAN PENGGUNAAN APD DI MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS WARA SELATAN KOTA PALOPO

Kata Kunci:

Alat pelindung diri, pengetahuan, sikap, kedisiplinan

Abstrak

Tenaga kesehatan khususnya perawat memiliki resiko tinggi untuk terinfeksi penyakit yang didapatkan di tempat kerja. Penggunaan APD pada perawat  sangat penting dilakukan untuk menurunkan resiko terpapar infeksi yang ada ditempat kerja, terlebih dalam masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini.

Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Wara Selatan Kota Palopo Tahun 2021. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan tujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan, sikap, dan kedisiplinan perawat dengan penggunaan APD di masa pandemi covid-19. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perawat yang bekerja di Puskesmas Wara Selatan Kota Palopo, dengan metode penarikan sampel secara total sampling dengan jumlah perawat sebanyak 30 sampel.

Hasil penelitian dengan menggunakan Fisher’s Exact Test diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan perawat dan sikap perawat dengan penggunaan APD di masa pandemi covid-19  dengan nilai p (0.057) < 0.05 untuk tingkat pengetahuan perawat dan nilai p (0.066) < 0.05 untuk sikap perawat. Serta tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan perawat dengan penggunaan APD di masa pandemi covid-19 dengan nilai p (0.358) > 0.05.

Dari hasil penelitian ini disarankan bagi instansi yang terkait  agar menyediakan peralatan APD yang cukup bagi petugas, memberikan arahan secara berkala mengenai pentingnya penggunaan APD, serta memberikan reward  kepada perawat yang memilki kinerja  yang baik, dan bagi perawat diharapkan untuk selalu patuh menggunakan APD sesuai dengan SOP agar terhindar dari bahaya infeksi yang ada di Puskesmas.

Diterbitkan

2021-09-04

Cara Mengutip

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KEDISIPLINAN PERAWAT DENGAN PENGGUNAAN APD DI MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS WARA SELATAN KOTA PALOPO. (2021). Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 8(1), 21-30. Diambil dari https://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/78