FORMULASI MINYAK ATSIRI DAUN SIRIH HIJAU (Piper Batle L.) DALAM BENTUK GEL PENCUCI TANGAN ( Hand sanitizer )

Kata Kunci:

minyak atsiri daun sirih, gel hand sanitizer, antiseptik

Abstrak

Dimasa pandami covid 19  penyebaran virus dapat dicegah dengan menerapkan  pola hidup bersih, salah satu cara yang efktif dalam memutus mata rantai penyebarannya yaitu sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.  Hand sanitizer adalah sediaan  pembersih tangan yang mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan virus. Salah satu tanaman yang memiliki aktivitas antibakteri adalah daun sirih ( pipper betle L ) yang mengandung fenol dan fenilpropan yang berpotensi sebagai antibakteri. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat gel antiseptik pencuci tangan dan untuk mengetahui hasil uji fisik ,uji organoleptik, uji pH, uji homogenitas dan uji stabilitas. 

            Metode Penelitian ini dilakukan secara eksperimen ,sampel diekstraksi dengan cara destilasi atau penyulingan dengan menggunakan  pelarut aquadest. Selanjutnya minyak atsiri dari daun sirih dibuat menjadi formula hand sanitizer dengan konsentrasi yang berbeda yaitu 2%, 4%, 6%.

            Hasil penelitian formulasi gel antiseptik dari ekstrak  daun sirih menunjukkan bahwa dari uji organoleptip tidak mengalami perubahan warna, bau d an bentuk. Uji homogenitas  memperlihatn semua formula homogen dan uji pH memunjukkan tidak terjadi perubahan pH selama penyimpanan.

Diterbitkan

2021-09-02

Cara Mengutip

FORMULASI MINYAK ATSIRI DAUN SIRIH HIJAU (Piper Batle L.) DALAM BENTUK GEL PENCUCI TANGAN ( Hand sanitizer ). (2021). Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 8(1), 1-7. Diambil dari https://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/75