HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IB DALAM PERAWATAN POST PARTUM DI RUANG PERAWATAN NIFAS RSUD SAWERIGADING PALOPO TAHUN 2023

Penulis

  • helen periselo stikes bhakti pertiwi luwu raya palopo

Kata Kunci:

Perawatan post partum, Pengetahuan, Sikap

Abstrak

Post partum adalah masa atau waktu sejak bayi di lahirkan dan plasenta keluar lepas dari rahim,sampai enam minggu berikutnya,di sertai dengan pulihnya kembali organ-organ yang berkaitan dengan kandungan, yang mengalami perubahan seperti perlukaan dan sebagainya berkaitan saat melahirkan.

Penelitian ini dilaksanakan di Ruangan nifas  RSUD sawerigading palopo tahun 2023. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskripif analitik  dengan pendekatan cross secsional, di mana peneliti mencari hubungan antara pengetahuan dan sikap, dalam perawatan post partum Sampel dalam penelitian ini adalah semua ibu post partum sebanyak 40 sampel.

Hasil penelitian diperoleh bahwa  ada hubungan antara  pengetahuan dan sikap dengan nilai p (0.001) < 0.05, ada hubungan antara pengetahuan dengan ibu post partum . sikap  dengan nilai ? (0.001) < 0.05, dan ada hubungan antara sikap dengan ibu post partum nilai p (0.003) < 0.05.

Diharapkan kepada instansi yang terkait dapat meningkatkan pelayanan  terhadap pasien.

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

periselo, helen. (2023). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IB DALAM PERAWATAN POST PARTUM DI RUANG PERAWATAN NIFAS RSUD SAWERIGADING PALOPO TAHUN 2023. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 10(1), 28-35. Diambil dari http://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/216