ANALISIS HUBUNGAN STATUS NUTRISI DAN INTENSITAS NYERI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN PASCA OPERASI DI RUANGAN INSTALASI RAWAT INAP BEDAH RSUD SAWERIGADING PALOPO

Penulis

  • Amos Lellu Keperawatan

Kata Kunci:

Satus Nutrisi, Intensitas Nyeri, Kualitas Tidur Pasca Operasi

Abstrak

Analisis Hubungan Status Nutrisi Dan Intensitas Nyeri Dengan Kualitas Tidur Pada Pasien Pasca Operasi Di Instalasi Rawat Inap Bedah RSUD Sawerigading Palopo. Masalah yang biasa ditemukan pada pasien yang mengalami operasi adalah gangguan tidur, padahal untuk proses penyembuhan pada pasien tidur dapat memberikan waktu yang sangat baik bagi tubuh, khususnya bagi pasien pasca operasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara status nutrisi dan intensitas nyeri dengan kualitas tidur pada pasien pasca operasi.

Penelitian dilaksanakan di RSUD Sawerigading Palopo pada tanggal 6 September  sampai 3 Oktober 2021. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study dengan jumlah sampel 30 orang, analisa data menggunakan uji pearson chi square dan uji fisher’s exact test pada SPSS Versi 17,0.

Hasil analisa statistic dengan mengunakan uji pearson chi square menunjukkan bahwa nilai p (0.025) < 0.05 yang berarti Ha diterima dan Ho di tolak berarti ada hubungan status nutrisi dengan kualitas tidur  pada pasien pasca operasi di ruangan instalasi rawat inap bedah RSUD Sawerigading Palopo. Hasil analisa statistic dengan mengunakan Uji fisher’s exact test menunjukkan bahwa nilai p (0.000) < 0.05 yang berarti  Ha diterima dan Ho di tolak berarti ada hubungan antara intensitas nyeri dengan kualitas tidur  pada pasien pasca operasi di ruangan instalasi rawat inap bedah RSUD Sawerigading Palopo.

Diharapkan bagi klien agar selalu mengatur pola makan dan istirahat yang cukup dalam proses perawatan yang di berikan.

Diterbitkan

2022-02-23

Cara Mengutip

Lellu, A. (2022). ANALISIS HUBUNGAN STATUS NUTRISI DAN INTENSITAS NYERI DENGAN KUALITAS TIDUR PADA PASIEN PASCA OPERASI DI RUANGAN INSTALASI RAWAT INAP BEDAH RSUD SAWERIGADING PALOPO. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 8(2), 10-16. Diambil dari http://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/114