Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Pencegahan Kanker Payudara Di SMA Negri 2 Palopo Tahun 2022

Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Pencegahan Kanker Payudara Di SMA Negri 2 Palopo Tahun 2022

Penulis

  • HELEN Periselo STIKES BHAKTI PERTIWI LUWU RAYA PALOPO

Kata Kunci:

Pengetahuan, Sikap , Pencegahan Kanker Payudara

Abstrak

Kanker payudara merupakan gangguan payudara yang paling ditakuti perempuan.Salah satu penyebabnya karena penyakit ini tidak dapat disembuhkan jika ditemukan pada stadium lanjut.Padahal, jika dideteksi secara dini, penyakit ini sebetulnya bisa diobati sampai sembuh.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Pencegahan Kanker Payudara di SMA Negeri  2 Palopo  Tahun 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa sebagai responden dengan metode penarikan sampel secara cluster random sampling dengan jumlah mahasiswa sebanyak 100 orang.

Hasil penelitian di peroleh bahwa menunjukan bahwa dari 30 remaja putri yang melakukan pencegahan kanker payudara yang terbanyak yaitu Ya sebanyak 20 orang (80,0%).

Diharapkan kepada rmaja (wanita) agar meningkatkan pengetahuan dalam upaya pencegahan kanker payudara dengan deteksi dini, sehingga para wanita menyadari dan memahami pentingnya pencegahan kanker payudara.

Diterbitkan

2022-08-10

Cara Mengutip

Periselo, H. (2022). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Pencegahan Kanker Payudara Di SMA Negri 2 Palopo Tahun 2022: Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Pencegahan Kanker Payudara Di SMA Negri 2 Palopo Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 9(1), 20-26. Diambil dari http://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/146