HUBUNGANAN ASI ESKLUSIF TERHADAP IMUNITAS PADA BAYI DI PUSKESMAS WARA KOTA PALOPO

Penulis

  • Sumarlan Sumarlan STIKES Bhakti Pertiwi Luwu Raya

Kata Kunci:

Asi Eksklusif dan Imunitas Pada bayi

Abstrak

ABSTRAK

 

ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja pada bayi sampai umur 6 bulantanpa tambahan cairan ataupun makanan lain. ASI selain sebagai sumber nutrisi dapat memberikan perlindungan kepada bayi melalui berbagai komponen zat kekebalan yang dikandungnya .

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan ASi Eksklusif dengan Imunitas pada bayi  di Puskesmas Wara Kota Palopo Tahun 2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang didapatkan dengan menggunakan kuisioner dengan jumlah sampel 31 responden. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik.

          Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai p= 0,002 berarti ??0,05 yang artinya ada hubungan yang signifikan antara  ASI Esklusif  terhadap imunitas pada bayi.

         Disaran kepada Pihak Puskesmas perlu mengadakan penyuluhan secara berkesinambungan tentang pentingnya ASI terhadap Imunitas pada bayi.

 

Kata kunci:  Asi Eksklusif dan Imunitas Pada bayi

Diterbitkan

2021-09-06

Cara Mengutip

Sumarlan, S. (2021). HUBUNGANAN ASI ESKLUSIF TERHADAP IMUNITAS PADA BAYI DI PUSKESMAS WARA KOTA PALOPO. Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 8(1), 69-71. Diambil dari https://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/90