HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PRASEKOLAH

Kata Kunci:

Psikososial, pengetahuan , sikap

Abstrak

Perkembangan psikososial adalah perkembangan yang berkaitan dengan emosi, motivasi dan perkembangan pribadi manusia serta perubahan dalam bagaimana individu berhubungan dengan orang lain. Saat si kecil mulai menginjak bangku sekolah, pada masa inilah pola perilaku sosial si kecil akan terlihat. Berbeda ketika si kecil masih bayi atau batita, misalnya, yang hanya mengenal keluarga dan orang–orang terdekatnya. Saat memasuki usia sekolah, si kecil sudah mampu bersosialisasi lebih luas, yakni dengan teman sebaya, guru, adik dan kaka kelas, dan lainnya, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pendidikan dan sikap ibu terhadap perkembangan psikososial anak prasekolah di desa Rante Damai, kabupaten Luwu tahun 2020. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. sampel penelitian adalah semua ibu yang memiliki anak usia prasekolah di Rante Damai dengan jumlah sampel 32 orang dengan metode pengambilan sampel menggunakan total sampel. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan perkembangan psycosocial anak dengan nilai p=0,000 (< 0,001) dan ada hubungan antara sikap ibu dengan perkembangan psycosocial anak dengan nilai p=0,000 (< 0,000, hasil penelitian ini harus memperhatikan pentingnya pengetahuan masyarakat lebih bertambah dan lebih mengetahui hal-hal yang harus dilakukan terutama dalam hal yang mengenai tentang perkembangan psikososial anak

 

Kata Kunci: Psikososial,pengetahuan dan sikap

Diterbitkan

2021-01-30 — Diperbaharui pada 2021-01-30

Cara Mengutip

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PRASEKOLAH. (2021). Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 7(2), 168-174. Diambil dari https://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/52